Jumat, 08 Juli 2011

Lindungi Kaki di Musim Hujan

Musim hujan dapat menjadi waktu terburuk bagi kesehatan kaki. Melangkah di atas jalanan becek dan berlumpur sehabis diguyur hujan, bisa meningkatkan risiko kaki terserang infeksi.

Menurur ahli kulit Dr. Jamuna Pai seperti dikutip situs idiva.com, jamur dan bakteri tumbuh pesat karena kelembapan tinggi selama musim hujan. Kaki pun bisa menjadi bau dibuatnya. Selain itu, gatal, sensasi menyengat, pelunakan kulit (maserasi), dan kulit mengelupas merupakan sejumlah masalah yang umum dijumpai.

Tindakan terpenting yang harus dilakukan adalah mencuci kaki dan mengeringkannya dengan baik, sebelum Anda mengenakan sandal jepit di rumah. Sementara itu, pasien diabetes memerlukan perawatan khusus untuk kaki, karena butuh waktu lebih lama bagi kaki mereka untuk sembuh. Selain itu, kutil pada telapak kaki lebih umum dijumpai pada orang-orang yang berjalan tanpa alas kaki pada permukaan basah. Jika kondisinya kian memburuk, sebaiknya temui dokter.

Nah, berikut ini adalah sejumlah perawatan ekstra yang dapat Anda lakukan untuk melindungi kaki di musim hujan:

1. Jangan memakai sepatu tertutup karena sepatu jenis ini menahan air lebih lama. Kaki basah lebih rentan terhadap infeksi jamur.
2. Keringkan kaki dengan baik menggunakan handuk, terutama di daerah jari.
3. Hindari mengoleskan krim pelembap di sela-sela jari.
4. Gunakan bedak antijamur di pagi hari dan krim antijamur di malam hari.
5. Potong kuku kaki secara teratur untuk menghindari penumpukan kotoran.

untuk mengatasi masalah kaki, Dr. Sharmila Nai, dokter kulit dari Blush Clinics memberikan sejumlah tips:

1. Rendam kaki di dalam air hangat yang telah dicampur dengan garam laut. Setelah itu, kelupas kulit mati menggunakan batu apung. Kaki memiliki tingkat pergantian sel kulit yang sangat tinggi, sehingga penting untuk menjaga area ini mengalami pengelupasan secara teratur.
2. Pijat kaki dengan vaseline sekitar dua sampai tiga malam dalam seminggu sebelum tidur. Kenakan sepasang kaus kaki katun untuk membantu peresapan kelembapan sepanjang malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar