Sabtu, 02 Juli 2011

Langsing bak Perempuan Tiongkok

Makanan dari Tiongkok sangat disukai di seluruh dunia, meski makanan itu sering dianggap tak sehat dan menggemukkan. Kenyataannya, banyak wanita Tiongkok terlihat langsing dan cantik. Mari kita intip rahasia langsing perempuan negeri Cina.


Dalam bukunya yang berjudul Why the Chinese Don't Count Calories, Lorraine Clissol mengatakan bahwa diet ala Tiongkok itu tidak akan membuat kita gemuk. Angka kegemukan yang meningkat di Cina justru disebabkan peralihan pola makan ke makanan barat yang cenderung berlebihan gula dan lemak.

Berikut ini rahasia diet ala Cina mernutu Patrick Holford dan Ian Marber, dua pakar nutrisi dari Inggris.

1. Berhenti menghitung kalori

Orang Tiongkok tidak memiliki kosa kata kalori. Mereka memandang makanan sebagai sumber gizi, bukan zat berbahaya yang menaikkan berat badan. Survei pada tahun 1990 menemukan bahwa orang Cina mengonsumsi kalori 30 persen lebih tinggi dari orang Amerika. Mereka juga tak lebih aktif secara fisik.

Kunci sehatnya ada pada pantang makanan yang tak mengandung nutrisi namun kaya gula. Contohnya ada pada permen dan minuman bersoda. Makan alpukat yang kaya lemak tak jenuh dan omega-6 tentu lebih baik daripada minuman bersoda.

2. Separuh piring terdiri atas sayur.

3. Makan nasi berserat

Tanpa nasi yang rendah lemak, kaya vitamin B dan serat, kata Clissold, tak mungkin kita bisa makan sampai kenyang. Diet rendah karbohidrat memang menjanjikan pembakaran lemak, namun menggantinya dengan makanan mengandung lemak tinggi dan bernutrisi rendah bukan jawaban penurunan berat badan jangka panjang.

4. Makan sampai kenyang

Salah satu kunci tetap langsing adalah makan sampai cukup kenyang lalu berhenti. Sementara pola diet orang Barat berdiet ketat selama sepekan dan berpesta pora di akhir pekan. Makanlah sampai cukup kenyang, Anda bakal tak tergoda untuk menyantap makanan lain setelah itu.

5. Yin dan Yang di dapur

Makanan yin mendinginkan tubuh, makanan ini ada pada sayur dan buah. Sementara makanan yang, seperti daging, bumbu, anggur, dan kopi, sifatnya memanaskan tubuh. Makan dalam satu set makanan Cina terdapat keseimbangan yin dan yang.

6. Dimasak cepat

Masakan Cina selalu dimasak cepat. Clissold mengatakan, makanan yang dimasak cepat membuat nutrisi lebih mudah diserap tubuh. Makanan mentah, lebih-lebih jika terlalu banyak, agak susah dicerna tubuh bahkan bisa menyebabkan perut kembung.

7. Gunakanan makanan untuk kesehatan

Pengobatan tradisional Cina menggunakan makanan untuk mengobati penyakit, misalnya cabai untuk membantu pencernaan dan bawang putih untuk menetralkan racun. Semuanya itu bertujuan agar semua organ tubuh bekerja dengan baik membuat energi alias chi mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh.

8. Minum teh hijau

Teh hijau bermanfaat menghilangkan racun, membantu melancarkan pencernaan, dan menunda rasa lapar. Selaini tu, teh hijau juga memerangi radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker dan sakit jantung.

9. Lakukan olahraga restoratif

Olahraga keras yang memeras keringat memang membakar lemak namun juga memberi stres berat pada tubuh. Olahraga jenis memanaskan tubuh ini termasuk yang, sedangkan olah napas adalah yin. Cobalah olahraga lembut seperti tai chi.

"Tai chi memberikan rasa keseimbangan, tenang, dan damai. Berkeringat di gyum memang kebalikan dari tai chi," kata Marber. Dengan berolah napas kita jadi lebih pada apa yang dirasakan dibandingkan dengan peduli pada penampilan luar saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar