Kamis, 24 Maret 2011

Ito Tinggalkan Pelatnas Basket Putra

Pelatnas tim nasional bola basket Indonesia harus ditinggal asisten pelatih Fictor Gideon Roring untuk sementara. Pelatih Satria Muda Britama itu izin berobat ke Singapura.

Pelatih yang akrab disapa Ito itu izin berobat ke Singapura untuk memulihkan cedera pinggang dan sakit batu ginjalnya mulai kemarin, Rabu 23 Maret 2011. Rencana, mantan pemain timnas basket Indonesia itu akan kembali bergabung Sabtu 26 Maret 2011.

"Mas Ito sudah izin untuk meninggalkan timnas terlebih dahulu. Karena urgent, timnas mengizinkan. Sejak awal dia memang sudah mengeluh karena sakit," ujar manajer timnas basket putra Indonesia, Syailendra Bakrie, seperti dilansir situs resmi NBL, Kamis 24 Maret 2011.

Ito mengaku sakit di bagian pinggangnya sudah dirasakan sejak perhelatan National Basketball League (NBL) musim lalu. Namun, Ito baru sempat melakukan pemeriksaan saat ini.

"Cedera pinggang ini sebenarnya bawaan sejak saya masih bermain. Sedangkan sakit ginjal ini mungkin terjadi karena dulu saya kurang banyak minum air putih," kilah pelatih yang sukses membawa Satria Muda menguasai bola basket dalam negeri sejak 2006 ini.

Dengan demikian pelatih kepala Rastafari Horongbala hanya akan dibantu oleh asisten pelatih Johannis Winar. Kedua juga mendapat bantuan dari sejumlah technical advisor yang didatangkan langsung dari World Basketball Academy (WBA) Australia.

Selain ditinggal Ito, Pelatnas sebelumnya sudah harus kehilangan forward Youbel Sondakh yang akan absen tiga pekan karena cedera lutut kiri.

"Sebenarnya, cedera ini terjadi sejak NBL Indonesia belum dimulai. Kata dokter, saya memang harus istirahat. Sebab, kalau dipaksakan, cederanya bisa bertambah parah," kilah pemain Satria Muda tersebut.

Youbel kemungkinan besar baru akan bergabung ke Pelatnas setelah timnas kembali dari program character building di markas Kopassus, Batujajar, Jabar, pada 28 Maret–10 April mendatang. (sj) • VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar