Selasa, 12 Juli 2011

Liverpool Siap-Siap Pindah Kandang

Setelah 119 tahun menghuni Anfield, Liverpool sepertinya akan pindah ke kandang baru yang memiliki kapasitas lebih besar dari Stadion di Merseyside tersebut.

Liverpudlian harus mengucap selamat tinggal pada stadion bersejarah tersebut setelah direktur Ian Ayre mengakui bahwa stadion tersebut hampir tak mungkin dikembangkan lagi.

Lingkungan Anfield yang sudah terlalu padat membuat keinginan John W. Henry, pemilik Liverpool, untuk menambah kapasitas stadion tersebut tak bisa terwujud.

Kini Dewan Kota Liverpool memberikan tambahan waktu hingga tiga bulan kepada The Reds untuk memutuskan apakah mereka memilih tetap di Anfield atau mengambil kontrak dengan durasi 999 tahun di Stanley Park, lokasi calon stadion baru.

“Klub tengah mengevaluasi semua pilihan yang tersedia mengenai pembangunan stadion baru atau mengembangkan (yang lama), juga mempelajari peluang pembaruan untuk meningkatkan kapasitas hingga 60 ribu tempat duduk,” demikian sebuah pernyataan yang dirilis Liverpool, seperti dinukil dari BBC Sport.

“Sembilan bulan sejak era kepemilikan baru, pekerjaan besar telah dilakukan secara bersama-sama dengan arsitek, konsultan dan ahli pembangunan ternama lainnya dan juga dengan Dewan Kota Liverpool untuk mengevaluasi kemungkinan pembangunan stadion baru dan juga solusi untuk memperbarui (stadion lama) agar bisa meningkatkan kapasitas sesuai yang dibutuhkan, sekaligus menjaga warisan dan atmosfer yang membuat Anfield menjadi bagian unik dari Liverpool FC,” demikian Ayre menjelaskan.

“Meski demikian, masalah pembelian lahan properti, lingkungan dan undang-undang menjadi penghalang bagi ambisi kami, sepertinya tidak mungkin kami bisa melanjutkan pengembangan Anfiled, kecuali ada sejumlah perubahan signifikan pada aspek-aspek tersebut,” lanjutnya.

Ayre juga meyakinkan bahwa biaya pembangunan Stadion Stanley Park tidak akan lebih mahal daripada pengembangan Anfield.

“Sangat mengecawakan bahwa berdasarkan situasi saat ini, kami sepertinya tak bisa menemukan pilihan yang lebih ekonomis mengenai pengembangan Anfield, tetapi kami tetap berkomitmen untuk menemukan solusi jangka panjang terbaik,” tegasnya.

Jika Liverpool lebih memilh pindah, maka kepindahan itu baru akan terjadi sekitar Agustus 2014 mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar